Pages

Kamis, 19 November 2015

Tugas softskill ke-3 "E-TECHNOLOGY"

NAMA            : MUHAMMAD ALMAS
NPM               : 14112869
KELAS           : 4KA32
TUGAS SOFTSKILL KE 3

E-TECHNOLOGY

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
            Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama.Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
            Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
E-Technology adalah ilmu yang mempelajari tentang teknik atau cara yang telah menggunakan sistem elektronik sehingga mempermudah manusia meningkatkan kualitas kehidupannya, E-Technology sering pula di sebut Information and Communication Technologies (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.
TIK mencakup dua aspek yaitu: 1. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. 2. Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya, Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Tujuan e-technology yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam bidang teknologi untuk semakin efisien dan ekonomis yang lebih banyak digunakan pada masyarakat modern sebagai sarana untuk berkomunikasi dalam bekerja maupun dalam menjalani kehidupan sehari- hari, untuk bekerja, sebagai alat yang semakin canggih dan lain sebagainya yang pada saat ini banyak pengembangannya, Contoh dari konsep e-technology adalah: Toko baju, mall, konsumen dan penyalur/penghasil saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. semuanya ini membentuk suatu relasi atau hubungan dengan proses menjual, membeli, membayar dan menghasilkan suatu barang.ini semua menghasilkan suatu system e-teknology yang berkembang sekarang.
Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dalam Kehidupan Sehari-hari sangat banyak manfaatnya disegala bidang seperti Pendidikan, Bisnis, Kesehatan, Perbankan dan Perusahaan, Pemanfaaatan TIK diberbagai bidang kehidupan: 1. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Pendidikan. 2. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Bisnis. 3. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Kesehatan, 4. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Perbankan. 5. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Perusahaan.
TIK sangat penting di bidang pendidikan, cepatnya akses informasi saat ini seperti akses internet membuat cakupan ilmu pendidikan menjadi luas, dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sering dijumpai dalam bentuk audio/data, video/data, audio/video, dan internet, Kelas Virtual Adanya internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.ž Cakupan Ilmu yang dipelajari semakin luas Adanya internet sehingga informasi mengenai ilmu sangat luas di segala bidang keilmuan tidak hanya terbatas di buku pelajaran, di mulai dari MIPA, Olahraga, kesenian dan ilmu-ilmu lainnya ž Presentasi : Pembelajaran bisa dilakukan melalui presentasi sehingga dapat menarik perhatian pelajar untuk lebih memahami materi yang disampaikan dengan baik žBeberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
Kelas Virtual Adanya internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.ž Cakupan Ilmu yang dipelajari semakin luas Adanya internet sehingga informasi mengenai ilmu sangat luas di segala bidang keilmuan tidak hanya terbatas di buku pelajaran, di mulai dari MIPA, Olahraga, kesenian dan ilmu-ilmu lainnya ž Presentasi : Pembelajaran bisa dilakukan melalui presentasi sehingga dapat menarik perhatian pelajar untuk lebih memahami materi yang disampaikan dengan baik žBeberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
TIK juga bermanfaat dalam bidang bisnis, sudah banyak yang sukses karena teknologi informasi dan komunikasi. Anda tahu dan mengenal Bill Gates (pendiri Microsoft) atau Mark Zuckerberg (pencipta jejaring sosial seperti facebook), mereka adalah salah satu contoh orang yang sukses karena memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pendapatan mereka ditaksir lebih dari $17,55 miliar, sekarang bisnis menggunakan TIK itu sangat menguntungkan hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet, anda dapat mempromosikan bisnis anda secara online (E-commerce) dengan cakupan dunia.
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak penyakit dalam tubuh pasien, Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening bisa dilakukan secara online dan mempercepat transaksi keuangan anda, Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik, Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e- journal, e-medicine, e-laboratory, e- biodiversiiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika (Mason R. 1994), E-Technology merupakan sebuah sistem yang membantu pelaksanaan kegiatan yang menggunakan sistem konvensional. Atau bahkan yang tidak bisa dilakukan dengan sistem konvesional. Dengan pesatnya perkembangan E- Technology, lambat laun menggeser kedudukan sistem konvensional dalam kehidupan sehari-hari, seperti surat menyurat di gantikan dengan e-Mail atau SMS, mesin ketik digantikan dengan Komputer dan printer, dan sebagainya.
Solusi yang dapat kita lakukan untuk menghindari e-technology yaitu: dengan memulainya pada diri sendiri terlebih dahulu. Apabila kita lebih dahulu menyadari maka kita secara tidak langsung mencerminkan sikap yang mau mengajak orang untuk menggunakan e-technology ini dengan penuh tanggungjawab dan menggunakannya dengan sebaik-baiknya demi kepentingan bersama bukan kepentingan individu.


Footnote : wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar