Cara membuat garis Horizontal, Vertikal dan
Diagonal di Dev C++ dengan OpenGL
Yang pertama tama anda perlukan adalah
software dev c++ dan openGLnya, bisa anda cari dan download di google. Lalu
jika sudah di download dan install dev c++ masukan openglnya ke dalam dev c++.
lalu berikutnya anda buka dev c++nya. Klik file di toolbar dev c++ pilih new
-> project maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

Cara membuat garis Horizontal, Vertikal dan
Diagonal di Dev C++ dengan OpenGL
Yang pertama tama anda perlukan adalah
software dev c++ dan openGLnya, bisa anda cari dan download di google. Lalu
jika sudah di download dan install dev c++ masukan openglnya ke dalam dev c++.
lalu berikutnya anda buka dev c++nya. Klik file di toolbar dev c++ pilih new
-> project maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

lakukan seperti pada gambar dan klik OK,
lalu anda akan diminta untuk memberi nama pada file yang akan anda buat,
berilah nama dan tambahkan ekstensi .cpp. seperti pada gambar di bawah ini:
lalu akan muncul codingan dev c++ lalu
masukkan codingan berikut ini pada tempatnya jangan sampai salah tempat ya! :)
Garis Vertikal
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 1.0f, 0.0f, 0.0f);
/*untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA*/
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam*/
glPushMatrix(); /*Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
glClearColor(10,0,0,0); /*untuk menentukan
warna garis/titik*/
glColor3f(0,1,0); /*untuk menentukan warna
garis/titik*/
glBegin(GL_LINES); /*untuk menggambar garis
dari titik yang digunakan*/
glColor3f(67.0f, 400.0f, 12.0f); /**/
glVertex3f(0.0f, 0.0f, 0.0f); /*untuk menentukan
titik awal yang digunakan*/
glColor3f(50.0f, 1.0f, 0.0f); /*untuk
menentukan titik yang digunakan*/
glVertex3f(0.56f, 0.0f, -0.78f); /*untuk
menentukan titik akhir yang digunakan*/
glEnd(); /*untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir*/
glPopMatrix(); /*Membuat baris kode menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar*/
SwapBuffers (hDC); /*digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar*/
Sleep (1);
}
}
Contoh Sample:

Garis Diagonal
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 1.0f, 0.0f, 0.0f); /*untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA*/
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam*/
glPushMatrix (); /*Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar*/
glClearColor(1,1,1,0); /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glColor3f(1,0,300); /*untuk menentukan
warna garis/titik*/
glBegin(GL_LINES); /*untuk menggambar garis dari titik yang
digunakan*/
glVertex3f(0,0,0.0); /* untuk menentukan titik awal yang
digunakan*/
glVertex3f(20.0,30.0,0.0); /* untuk menentukan titik akhir yang
digunakan*/
glEnd (); /*untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir*/
glPopMatrix (); /*Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
SwapBuffers (hDC); /*digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar*/
Sleep (1);
}
}

Garis Horizontal
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (1.0f, 0.0f, 9.0f, 0.0f);
/*untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA*/
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam*/
glPushMatrix (); /*Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
glClearColor(1,1,1,0); /*untuk menentukan
warna garis/titik*/
glColor3f(20,150,0); /*untuk menentukan
warna garis/titik*/
glBegin(GL_LINES); /*untuk menggambar garis
dari titik yang digunakan*/
glVertex3f(0.50,70.0,123.123); /*untuk
menentukan titik awal yang digunakan*/
glVertex3f(0,0,0.0); /*untuk menentukan
titik awal yang digunakan*/
glEnd (); /*untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir*/
glPopMatrix (); /*Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
SwapBuffers (hDC); /*digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar*/
Sleep (1);
}
}
Contoh Sample:

0 komentar:
Posting Komentar